Cloudflare Rilis Fitur Untuk Blokir Bot AI

SHARE POST

Perusahaan penyedia layanan sistem keamanan situs web, Cloudflare merilis fitur baru yang bakal mencegah Bot mengakses dan mengambil data dari suatu website. Sehingga, fitur ini dapat mencegah bot masuk ke web yang menggunakan hosting dari Cloudflare.

Seperti diketahui, keberadaan Bot cenderung mengganggu bagi website, terutama website yang menjual berbagai software. Dengan adanya Bot, otomatis akan merugikan pemilik website karena Bot akan terus berkunjung menggunakan software yang dimiliki suatu web secara tidak wajar. Selain itu, kehadiran bot secara massal dan serentak juga sangat mengganggu server website. Maka dari itu, tidak sedikit pemilik web kesal dengan hadirnya Bot karena terkesan menyampah alias spamming.

Untuk mengetahui Bot atau tidak, Cloudflare akan menganalisis traffic bot AI terlebih dahulu. Kemudian, Cloudflare juga tak lupa mentracking darimana traffic itu berasal (crawler). Nantinya, Cloudflare secara otomatis akan menilai apakah pengunjung ini betul-betul manusia atau bot. 

Jika melakukannya secara skala besar dalam kurun waktu yang singkat, maka Cloudflare dapat langsung mencegah bot-bot masuk ke suatu website. Pihaknya juga tidak lupa menyiapkan formulir bagi para pelanggan untuk melaporkan dugaan bot secara manual.

“Sehingga laporan tersebut akan masuk daftar hitam. Bot ini terus berkembang. Maka dari itu, selain layanan kami yang terus update dan upgrade, kami juga terbuka dengan laporan dari pelanggan karena bisa saja mereka menemukan kasus yang tidak biasa dan belum terdeteksi oleh kami,” ucap pihak Cloudflare dalam berita yang telah rilis di kompas.com (8/7/2024). 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © INDOVIP - All Right Reserved